Sinopsis Novel NORA Tetralogi Dangdut 1

Membaca buah kisah dalam novel karangan Putu Wijaya NORA Tetralogi Dangdut bagian pertama, seperti merasakan ironi kehidupan yang absurd.

Cerita natural dengan sentuhan tak terduga dalam setiap lembar-lembar novel. Pembaca bagai di bawa ke alunan musik dangdut yang meliuk-liuk dengan segala kekonyolannya tanpa rencana dan tidak perlu masuk akal, tidak tertebak kemudian sisanya mengalir.

 

Sinopsis Novel NORA Tetralogi Dangdut 

NORA Tetralogi DangdutMala seorang lelaki bekerja sebagai redaktur surat kabar. Bertetangga dengan gadis bernama Nora. Tak terduga dalam sebuah kejadian yang absurd di belakang rumah Nora, ketika Mala buang air kecil. Tanpa sengaja Nora melihat “kepunyaan” Mala.

Sejak saat itu Nora bersikap aneh, keluarganya menyangka bahwa Nora telah di guna-guna. Di tambah setiap tidurnya Nora selalu mengigau menyebut-nyebut nama Mala dalam mimpinya.

Kontan saja, tanpa basa-basi, keluarga Nora sudah merasa yakin bahwa yang melakukan guna-guna itu adalah Mala. Segera di sambangi ke rumah Mala, tanpa malu-malu meminta Mala segera menikah dengan Nora.

Permintaan itu, di tanggapi oleh Mala. Dan memang dalam hati kecilnya ia pun menyimpan rasa suka terhadap Nora tetangganya itu.

Namun sayang, Mala bener-benar di kerjai oleh keluarga Nora. Gaji perbulannya habis hanya untuk memenuhi semua kebutuhan semua keluarga Nora bahkan keluarga jauh pun ikut merasakan keuntungan itu. Tidak ada kebebasan di rumahnya, mereka semua tinggal dalam satu atap.

Mereka semua tidak peduli apakah Mala sudah pulang atau belum dari kerjaan, bagaimana keadaannya. Yang mereka pedulikan hanya uang, uang dan uang. Keadaan itu membuatnya, tidak betah berlama-lama di rumah dan lebih sering tinggal di kantornya.

 

Konspirasi Politik

Perkenalannya dengan Midori, wanita cantik pemeran film-film panas. Memasukkan Nora dalam skandal dan konspirasi politik tingkat tinggi, yaitu penentuan nasib Indonesia baru. Sebuah model pemberontakan seperti yang terjadi pada masa RIS di jaman Sukarno.

Setelah, Midori menyetujui sebuah kerjasama dengan total uang 400 miliar sebagai modal awal, untuk menerbitkan sebuah buku yang provokatif milik seorang profesor. Dan jika hal awal itu sukses maka modal akan terus di alirkan.

Namun uang tersebut hilang tanpa bekas. Semua berbalik menaruh curiga kapada Mala. Dan raibnya uang 400 milliar tersebut tercium juga oleh media massa. Dan nama Mala di sebut-sebut dalam setiap pemberitaan.

Kejadian aneh tersebut juga bersamaan dengan di temukannya sosok tubuh hasil mutilasi, dan di sinyalir tubuh tersebut adalah milik Dori sahabat Mala.

 

Percintaan yang Aneh

Di sela-sela kegalauan situasinya Nora yang telah menjadi istri Mala berkunjung ke kantor untuk membawakan makanan untuk Mala. Perbincangan ringan pun terjadi. Akan tetapi, Mala sepenuhnya tidak dapat mengerti sifat Nora yang cendrung kekanak-kanakan di satu sisi, namun justru membuat cintanya semakin besar.

Sebuah sikap yang kadang tidak bertentangan dengan sikap dewasa, tapi juga sikap Nora itulah yang justru di sukai Mala. Ia merasa berhadapan dengan orang lugu yang jenius. Orang yang tidak menutupi sikapnya dengan topeng-topeng kemunafikan.

Published by

depalpiss

Digital Blogger Simple Story. Berbagi dan bercerita, blogger kecil dalam dunia blogger Indonesia ||

7 kicauan di “Sinopsis Novel NORA Tetralogi Dangdut 1”

  1. Masih menggantung ya sinopsisnya?? Semua hal berawal dari pekarangan belakang rumah Mala sewaktu pipis. Yang jadi pertanyaan adalah, ngapain si Mala pake pipis di belakang rumah, kan di dalam ada WC??! Coba kalo si Mala nggak pipis sembarangan di belakang rumah, mungkin novel ini nggak akan pernah terbit. Duh Mala… Mala…

Berkicaulah bro and sis ;)